Kamis, 06 Juli 2017

Welcome Back to Me: Kemana Tulisan Saya Selama Ini? (Part 1)

Hallo!

*Sebentar ya, saya mau menyapu debu-debu di blog yang lama tak tersentuh ini*

Hmm sudah sangat lama meninggalkan blog ini. Terakhir posting pada tahun 2011, sekitar 6 tahun yang lalu ya. Sangat banyak pengalaman yang sebenarnya wajib saya abadikan di sini. Ya karena banyaknya perkembangan teknologi, share pengalaman lebih banyak di media sosial. Berawal dari punya akun Friendster (ada yang masih ingat?). Lalu dilanjutkan dengan fase remaja menuju alay di Facebook. Tapi Facebook saya masih aktif sampai sekarang, karena banyak teman-teman masa sekolah dan kuliah yang masih menggunakannya juga. Terlebih ketika kuliah, media komunikasi dan berbagi informasi seputar tugas kuliah yang saya dengan teman-teman kampus adalah Facebook.

Banyak media sosial yang saya gunakan hingga saat ini, selain Facebook, ada juga Instagram, lalu BBM, Line, Whatsapp, dan Telegram, yang saat ini juga memiliki fasilitas share status, tidak hanya untuk chat saja. Bagaimana dengan Twitter dan Path? Alhamdulillah... sekarang sudah tidak aktif lagi di sana karena sudah puas ketika zaman sekolah dulu.

Nah, karena berbagai kecanggihan zaman yang saya sebutkan tadi itulah saya jadi stop (sementara) dari blog ini. Tapi selama 6 tahun itu saya tidak berhenti menulis. Selama kuliah dari tahun 2012-2016 saya kuliah, tentunya banyak nulis dong, hehe... Hingga menghasilkan skripsi yang bisa saya sebut dengan maha karya setiap mahasiswa, hehehe... Nah, di postingan ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya di dunia kepenulisan selama saya "hilang" dari blog ini.

Antologi Cerpen Bianglala Lakon 2
Semasa kuliah saya akrab dengan teman bernama Jihan. Ia sangat suka menulis, terutama puisi dan cerpen. Jihan adalah anggota dari komunitas penulis di kampus bernama Forum Lingkar Pena (FLP), dan cerpennya pun sudah dimasukkan ke dalam antologi cerpen berjudul "Bianglala Lakon 2". Jihan mengajak saya untuk ikut acara launcing antologi cerpen tersebut sekaligus workshop kepenulisan yang berbarengan diadakan. Saya berjanji akan membeli antologi tersebut dan meminta tanda tangan Jihan dan penulis lainnya.

Saat berlangsungnya workshop tersebut saya sangat antusias, apalagi ketika sesi penugasan membuat artikel. Alhamdulillah dari puluhan peserta yang ikut, artikel saya beruntung dipilih oleh narasumber dan saya mendapat "Bianglala Lakon 2" gratissss! hehehe... Wah, saya sangat senang! Jihan pun tersenyum ketika melihat saya berfoto ketika menerima hadiah tersebut.
Penerimaan hadiah - (yang belakang bukan Jihan, ya. hehehe)


Cerpen Jihan beserta tanda tangannya
Saya pun bilang, "Aku udah dapet, Han. Gratis. Aku nggak usah beli, ya, hehehe." Jihan pun mengiyakan sambil menandatangani di halaman cerpen karangannya.

Ada lagi yang membuat saya antusias dengan acara tersebut, di akhir acara narasumber ---yang merupakan seorang redaktur sebuah surat kabar--- mengajak kami untuk mengirimkan artikel terbaik yang pernah dibuat ke email beliau. "Saya tunggu sampai jam 12 malam ini. Boleh mengirim beberapa, nanti saya seleksi dan pasti saya masukkan koran," ucap beliau seingat saya waktu itu. Sepulang dari workshop, saya bergegas mengecek kumpulan artikel yang saya buat, dan saya kirim 3 artikel ke email beliau.

Tak ada balasan dari email yang saya kirimkan, hingga beberapa hari kemudian pagi-pagi ketika berangkat kuliah, Jihan menyapa saya dan mengucapkan selamat.
"Selamat ya, Fi!" kata Jihan sambil menyalami saya dengan waja sumringah.
"Apa?" tanya saya.
"Tulisanmu masuk koran."
"Wah, yang Bapak kemarin itu? Kok aku nggak tahu, ya? Nggak ada dibalas emailku."
"Iya, aku juga tahunya dari grup FLP, mungkin mereka dikabarin oleh Bapaknya itu."
"Waaaah, nanti aku beli deh korannya," sambil sumringah pake banget.
"Iya, selamat ya, Fi!"
"Iya, Han. Makasih banyak ya, Han."

Malam harinya langsung ngajak teman kos ke mas-mas yang jualan koran dekat kos. Untungnya masih buka dan koran yang dicari ada. Pas di kos buka halaman per halaman dengan deg-degan, hingga saya menemukan artikel yang saya tulis dan foto saya di pojok kanannya.

Artikel pertama yang masuk koran, seneng banget!

Judulnya berubah, mungkin karena judul yang saya buat kurang menarik dan terlalu panjang. Tapi isinya pas seperti tulisan saya dan fotonya juga benar. Saat itu saya sempat bingung, mereka dapat foto saya dari mana? Entahlah, yang pasti malam itu sangat menyenangkan!

3 komentar:

Nafies Luthfi mengatakan...

Mantap, mudah-mudahan bisa kembali menulis hal-hal yang inspiratif, terima kasih.

Sofia mengatakan...

Amiin ya Allah. Thank you ka 👍

Amiza mengatakan...

Assalamu'alaikum, Mb jurusan psikologi? Skripsi mb ada jurnalnya??